Tagged: aqidah Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • mas Aqil 4:42 pm on April 8, 2017 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, , generasi muda, pemuda, potensi diri   

    Generasi Segudang Potensi 

    Generasi muda itu generasi yang punya segudang keutamaan, potensi dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh selain mereka. Allah ta’ala dan Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam banyak banget menyebutkan keutamaan-keutamaan para generasi muda, di dalam ayat-ayat Al Quran dan hadits-hadits Nabawi. Contohnya nih kisah Ashhabul Kahfi, siapa sih mereka? Mereka adalah para pemuda yang beriman yang menyelamatkan keimanan mereka dari penguasa saat itu hingga Allah tidurkan mereka bersama anjingnya dalam sebuah gua selama 309 tahun. Mereka adalah contoh kisah keutamaan generasi muda yang Allah tuangkan dalam Al Quran.

     

    Dalam banyak hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga banyak menyebutkan keutamaan para generasi muda, contohnya ada dalam sebuah hadits yang menyebutkan tentang tujuh golongan yang mendapat naungan dari Allah di hari kiamat, tatkala tidak ada naungan selain naungan-Nya, yaitu pemuda yang hatinya terpaut dengan masjid, pemuda yang selalu rindu dengan masjid, merindukan panggilan ilahiyyah, dia tumbuh dan berkembang dalam ketakwaan, tumbuh dalam ibadah dan ketaatan kepada Allah.

    (More …)

    Advertisements
     
  • mas Aqil 1:32 pm on May 14, 2016 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, , , kesurupan, ruqyah   

    SEBAB-SEBAB GANGGUAN JIN TERHADAP MANUSIA (silahkan dishare) 

    13010831_10206356457091999_7904138018371434305_nDapat kabar bahwa sang tukang ruqyah yang terkenal dengan beragam teknik dan jurus itu terkena gangguan jin (kerasukan). Hal ini menggerakkan hati saya untuk menulis beberapa sebab jin masuk ke dalam tubuh manusia. Saya membaginya menjadi dua sebab umum: sebab internal dan sebab eksternal.

    Sebab-Sebab Internal

    • Ujian dari Allah.
    • Perbuatan pelanggaran berupa maksiat yang dilakukan secara terus menerus.

    Maksiat membuat seseorang semakin jauh dari Allah dan perlindungan/penjagaan-Nya, menjauhkan diri dari ketaatan, melemahkan hati dan badan, mendatangkan azab, memudahkan syaitan untuk menguasai jiwa dan raga seseorang, dan lainnya.

    • Mengamalkan amalan-amalan bid’ah.

    Ali bin Ja’d mengatakan bahwa dia mendengar Yahya bin Yaman berkata bahwa dia mendengar Sufyan (ats Tsauri) berkata, “Bid’ah itu lebih disukai Iblis dibandingkan dengan maksiat biasa. Karena pelaku maksiat itu lebih mudah bertaubat. Sedangkan pelaku bid’ah itu sulit bertaubat” (Diriwayatkan oleh Ibnu Ja’d dalam Musnadnya no 1809 dan Ibnul Jauzi dalam Talbis Iblis hal 22).
    Seseorang yang mengamalkan bid’ah menganggap bahwa amalan bid’ahnya itu adalah ibadah yang mendekatkan dirinya kepada Allah. Namun pada hakikatnya amalan bid’ahnya itu justru menjauhkan dirinya dari rahmat dan penjagaan Allah.

    (More …)

     
  • mas Aqil 12:14 am on July 15, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, kerbau bule, kraton, , kyai slamet, mengenal, nusantara, nyai, pusaka,   

    Mengenal Sosok Para Kyai Nusantara 

    Diantara istilah yang ada di negeri kita yang kebanyakan kita mengetahuinya adalah istilah Kyai. Terkadang dieja dengan Kiai. Terkadang juga disingkat dengan julukan Ki. Meskipun termasuk istilah yang sangat populer, istilah Kyai ini masih mengandung banyak misteri.

    Ketika kita ditanya tentang apa itu Kyai, tak banyak dari kita yang bisa menyebutkan pengertian Kyai kecuali satu pengertian saja yang juga masyhur di kalangan kita yakni Kyai adalah sebutan lain untuk ulama atau orang yang memiliki ilmu agama secara mendalam yang juga diharapkan bisa menjadi panutan. Itulah pengertian yang lumrah di masyarakat kita secara kebanyakannya.

    Dari pengertian ini, Kyai sama pengertiannya dengan Buya bagi masyarakat Sumatera Barat dan sekitarnya; Ajengan bagi masyarakat Jawa Barat (Sunda); Teungku bagi masyarakat Aceh; Tofanrita bagi masyarakat Sulawesi Selatan; Tuan Guru bagi masyarakat Lombok dan Nusa Tenggara, dan lain sebagainya. Semua istilah itu sama secara pengertian, namun berbeda dari segi penamaan. (More …)

     
    • Ade Malsasa Akbar 1:42 am on December 18, 2011 Permalink | Reply

      Sungguh berbahaya jika benar ada kebo yang disembah. Kita mesti tahu bahwa itu tindakan syirik dan sepatutnya muslim tinggalkan itu.

  • mas Aqil 7:47 pm on June 30, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, kebo, Ki Slamet, kirab, ,   

    Ketika Aqidah Tidak Lagi Lurus 

    Bagi seorang muslim dan muslimah, aqidah Islamiyah adalah segala-galanya. Aqidah yang benar dan lurus merupakan perkara yang paling penting, mutiara yang paling berharga yang harus dimiliki dan dijaga oleh setiap muslim dan muslimah. Tidak boleh ditawar lagi, atau dalam kata lain perkara ini adalah harga mati. Sebab, aqidah yang benar dan lurus diibaratkan ruh bagi jasad, atau kepala dari sebuah batang tubuh. Tanpa ruh, jasad berarti mayat. Tanpa kepala, batang tubuh tidak berarti apa-apa.

    Aqidah yang benar dan lurus adalah pondasi dari seluruh amal shaleh, amalan yang bermanfaat bagi seorang muslim itu sendiri baik di dunia atau di akhirat. Tanpa aqidah yang benar dan lurus, tidak ada yang namanya amal shaleh. Tanpa aqidah yang benar dan lurus, tidak ada amalan yang bermanfaat bagi seorang hamba di hadapan Allah ta’ala. Tanpa aqidah yang benar dan lurus, yang ada hanyalah penyimpangan demi penyimpangan. (More …)

     
  • mas Aqil 8:06 am on June 3, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, , , , keris, mahar,   

    .:BEDAH JIMAT:. 

    Cincin Giok Birma

    Manfaat/ fungsi: keberuntungan, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negatif atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

    Keterangan: Batu giok asli Birma. Tuah berasal dari energi alami benda. Cara menggunakannya cukup digunakan sebagai cincin. Mahar Rp. 149.000.

    Keris Nogo Manten

    Fungsi: Dipercaya memiliki energi untuk melancarkan dan menderaskan datangnya rezeki, ketentraman dan keharmonisan keluarga dan tolak balak.

    Keterangan: memiliki energi asmak kerezekian, tolak bala`, dan keharmonisan. Cara penggunaan cukup di bawa kemanapun pergi/diletakkan di dalam rumah. Mahar: Rp. 199.000.

    Keris Jimat Kyai Jangkung

    Fungsi: Dipercaya memiliki energi untuk keselamatan, anti daya negatif, penatas, singkir (menyingkirkan hujan, halangan, rintangan), nyiwer (mendatangkan tamu) melancarkan dan menderaskan datangnya rezeki.

    Keterangan:  memiliki energi dan kodam dari empu pembuatnya. Pamor: Tiban, Dapur: Jangkung, ganja iras (ganja bersatu dengan wilah) Tangguh Majapahit, Keadaan: Utuh. Cara penggunaan cukup di bawa kemanapun pergi/diletakkan di dalam rumah. Mahar Rp 49.999.000 (empat puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh Sembilan ribu rupiah). Barang asli silahkan trawang. (More …)

     
    • Ade Malsasa Akbar 1:12 am on December 18, 2011 Permalink | Reply

      Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah. Pak, sungguh, kasihan sekali masyarakat kita yang tiap hari di mana-mana didekati oleh kemusyrikan macam ini. Apalagi kalau ada pihak yang malah tidak tahu malu melegalkan bahkan mengajarkannya 😦 Semoga kita senantiasa terlindungi dari hal-hal buruk macam ini.

      Jazakumullah khairan, Pak.

  • mas Aqil 10:20 am on May 25, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, As-Sunnah, asal-usul, , sahabat, shalawat nariyah, Syaikh Nariyah, tabayyun   

    Menyoal Asal-Usul Shalawat Nariyah 

    Siapa yang tak kenal dengan shalawat Nariyah? Mayoritas kita mungkin mengenalnya, atau bahkan telah menghafalnya, atau setidaknya pernah mendengar nama tersebut. Tepat sekali, nama ini begitu masyhur di kalangan masyarakat kita sehingga banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan saya sendiri dulu pernah menghafal dan sering membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sekarang saya meninggalkannya. Alhamdulillah.

    Konon kabarnya shalawat Nariyah ini adalah gubahan shalawat dari seorang sahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Begitulah cerita yang saya dengar dari kaum Nahdhiyin. Untuk mengetahui kisah itu selengkapnya, bacalah nukilan artikel yang saya dapatkan dari sebuah website berikut ini:

    Shalawat Nariyah adalah sebuah shalawat yang disusun oleh Syaikh Nariyah. Syaikh yang satu ini hidup pada zaman Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam sehingga termasuk salah satu sahabat nabi. Beliau lebih menekuni bidang ketauhidan. Syaikh Nariyah selalu melihat kerja keras Nabi dalam menyampaikan wahyu Allah, mengajarkan tentang Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga Syaikh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Doa-doa yang menyertakan nabi biasa disebut shalawat dan Syaikh Nariyah adalah salah satu penyusun shalawat Nabi yang disebut shalawat Nariyah. (More …)

     
    • abahnajibril 11:27 am on May 25, 2011 Permalink | Reply

      Assalamu’alaykum ;
      Abah kunjungan mas aqil … eee kok tulisan ini ada di blog abah juga ya? wah jangan-jangan mas aqil membajak nih… coba cekidot ke http://abahnajibril.wordpress.com/2011/05/25/aha-sholawat-nariyahkamilah/ 😀 …. Wah sayangkan kalo mas aqil semuda ini sudah membajak tulisan …

    • Tommi 1:15 pm on May 25, 2011 Permalink | Reply

      Hehehe kisah katro yg hanya diagung2kan oleh org2 abangan, kisah gelap, udh gitu ga ada sanadnya. Udh deh jaman skrg ga ush ikut2an apa kata org dlm hal agama. Belajar, belajar dan belajar, itu kuncinya. Ilmu sanad adalah filternya.

      Syukron jazakalloh khoir pada admin. Salam kenal ya mas.

    • Ihfazhillah 2:22 pm on June 23, 2011 Permalink | Reply

      Jazakumulloh mas… Malah belum pernah denger kisah yang seperti itu….

    • muslim sumbar 2:20 pm on June 24, 2011 Permalink | Reply

      Mas Aqil, ini tulisan mas aqil atau tulisan abah…?? ^_^

      • mas Aqil 4:40 pm on June 24, 2011 Permalink | Reply

        hohohoho…tanya tuh sama abah. 😀

        Originally my written article.

    • muslim sumbar 11:20 am on June 30, 2011 Permalink | Reply

      gimana sih abah…,

      kok dibilang mas aqil yg bajak…

      By the way, comment muslim sumbar kok ada gambarnya ya (gambar belah ketupat yg ada mulut dan matanya)…
      gimana cara menghilangkannya mas aqil???

      • mas Aqil 8:13 pm on June 30, 2011 Permalink | Reply

        bisa akh. antum tinggal pasang gravatar. jadi masuk ke pengaturan wordpress antum dah. atau bisa jg dari pengaturan wordpress ana. ntar ana coba Insya Allah.

    • muslimsumbar 10:36 am on July 1, 2011 Permalink | Reply

      JazakAllahu khairan…… ^_^

      • mas Aqil 2:41 pm on July 2, 2011 Permalink | Reply

        Sudah ana ganti gambar avatarnya. skrg tidak ada lagi gambar ketupat yg punya mata. hidung dan mulut.. hiii…seram jg ngebayangin adanya ketupat yg kyk gitu.. 😀

  • mas Aqil 1:03 pm on April 28, 2011 Permalink | Reply
    Tags: ahli kitab, aqidah, , ,   

    Mereka Menjadikan Kuburan Sebagai Masjid 

    Makam mantan Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid di kompleks makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, ramai dikunjungi peziarah berseragam sekolah menjelang ujian nasional hari ini.

    “Biasanya mereka datang pagi hari ditemani gurunya berdoa ke makam,” kata Teungku Azwin, pengurus pondok di wilayah selatan Kabupaten Jombang itu, Sabtu lalu. Menurut Azwin, pelajar ramai memadati makam yang disebut oleh kalangan santri dan masyarakat nahdliyin sebagai makam penuh berkah (makbarok) itu sepanjang pekan lalu. M. Adib, guru dari Madrasah Aliyah Negeri Tambak Beras, saat ditemui setelah berdoa, mengungkapkan harapannya agar anak didiknya lulus 100 persen. “Semoga diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian”, kata dia. (More …)

     
    • udin 6:28 pm on July 15, 2011 Permalink | Reply

      km mesh prlu blajar agama,sering2 buka kitab

      • Ade Malsasa Akbar 1:00 am on May 11, 2012 Permalink | Reply

        Insya Allah kalau kitabnya berisi aqidah yang shahih, tidak masalah. Namun kalau kitabnya berisi aqidah yang menyimpang, buat apa dibaca?

    • Afif Fatkhurrohman 12:14 am on September 3, 2011 Permalink | Reply

      menyembah kubur dilarang syari’at. tapi berziarah untuk mendo’akan mayit insyaallah tidak ada larangan. wallahu ta’ala a’lam

  • mas Aqil 11:12 am on April 14, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, mbah Petruk, merapi, penguasa ghaib,   

    Penampakan Mbah Petruk dalam Letusan Merapi (Sebuah Kesyirikan dalam Tragedi Merapi) 

    Subhanallah. Di antara bencana yang tengah melanda, masih saja ada orang-orang yang berbuat syirik kepada Allah. Mereka meyakini adanya sosok ghaib yang bernama Mbah Petruk yang memiliki andil dalam bencana yang tengah terjadi dan merupakan salah satu penguasa alam ghaib di gunung Merapi. Adapun yang lainnya meyakini bahwa letusan Gunung Merapi adalah wujud dari kemarahan Mbah Petruk “Si Penunggu Merapi”.

    Na’udzubillaah. Ini adalah bencana di atas bencana. Bahkan lebih parah daripada bencana fisik yang melanda penduduk di sekitar Merapi, yakni bencana kesyirikan. (More …)

     
  • mas Aqil 10:53 am on April 14, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, rasulullah, sedikit, tanggapan, Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat   

    Ternyata kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam hanya beda sedikit? (Sebuah Tanggapan) 

    Beberapa waktu yang lalu, sempat beredar bait-bait kalimat yang kira-kira berbunyi seperti ini:

     

    Ternyata, kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam hanya beda sedikit.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit tidur, kita sedikit-sedikit tidur.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit tertawa, kita sedikit-sedikit tertawa.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit bercanda, kita sedikit-sedikit bercanda.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit makan, kita sedikit-sedikit makan.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit-sedikit menangis, kita sedikit menangis.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit-sedikit beramal, kita sedikit beramal.

    Semoga kita bisa mengejar perbedaan yang sedikit itu. Amin. (More …)

     
  • mas Aqil 10:40 am on April 14, 2011 Permalink | Reply
    Tags: aqidah, , , , pahala, ,   

    Mengirim Bacaan Al-Fatihah kepada Ayah Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Salam dan Kepada Para Nabi dan Rasul 

    Dalam ritual Yasinan dan tahlilan, ada sebuah kalimat yang dibaca dan dimaksudkan untuk mengirim Al-Fatihah kepada ayah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasalam. Diantara kalimat itu berbunyi,

    “Tsumma ilaa arwaahi aabaa`ihii wa ikhwaanihii minan nabiyyiina wal mursaliin”

    (Kemudian kepada ruh ayah-ayah beliau (Rasulullah) dan saudara-saudara beliau dari kalangan para Nabi dan Rasul)

    Ada juga yang membaca seperti ini,

    “Tsumma tsawaaban mitsla tsawaabi dzaalika ilaa arwaahi aabaa`ihii wa ikhwaanihii minan nabiyyiina wal mursaliin”

    (Kemudian pahala seperti pahala tersebut kami kirimkan kepada arwah ayah-ayah beliau dan saudara-saudara beliau dari kalangan para Nabi dan Rasul) (More …)

     
    • Abu Hannan as Sundawi 10:41 pm on May 19, 2011 Permalink | Reply

      Assalamu’alaikum Warohmatullah.

      Barokallahu Fiika, bagus artikel2nya akhi.. salam kenal dari ana, oh iya ana copas gbrnya yg ada amplop dan komputer lagi kirim pahala, eh surat.. 🙂 Syukron

    • bagus 1:42 am on October 8, 2013 Permalink | Reply

      wahabi kampungan ilmu msh cetek sok2 keminter y kaya gini

c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel